Kamis, 03 Oktober 2013

Bahasa Sebagai Jati Diri

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan keinginannya, maksud atau tujuan yang keluar dari pikiran dan perasaan terhadap manusia lain yang dapat diterima, dimengerti, dapat mempengaruhi dan dipengaruhi sehingga dapat menimbulkan perbuatan.

Bahasa dapat berupa bunyi-bunyi yang keluar dari mulut, yang disebut bahasa lisan (bicara/ ucapan), maupun dari gerakan badan, lambaian tangan, kepala, kaki, sampai lirikan mata yang disebut bahasa tubuh.

Ketika kita sedang mendengarkan seseorang berbicara, atau melihat gerakan tubuhnya kita dapat menduga gender/ jenis kelamin, umur, level pendidikan, asal orang tersebut, profesi.

Jadi, bahasa dapat dikatakan sebagai jati diri seseorang.

Kumpulan dari orang-orang yang mendiami suatu tempat, dapat membentuk sebuah suku/ bangsa. Dan membentuk bahasanya masing-masing.

Tiap daerah memiliki bahasa yang berbeda-beda, dan memiliki karakteristik, adat kebiasaan yang berbeda pula.

Negara kita mempunyai daerah yang luas, banyak pulau dan berbagai macam suku bangsa, bahasa, budaya yang berbeda. Walaupun mempunyai banyak bahasa daerah, namun Indonesia mempunyai satu bahasa nasional, yaitu Bahasa Indonesia, bahasa yang baik, sopan dan bermatabat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar