AMIC
adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi dunia
yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat
bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau computer dan radio
dalam mobil. Satiap alat elektronik itu harus dapat bekerja dengan selaras
sehingga kendaraan dapat lebih handal.
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng
teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk
platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment.
Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform
software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif
berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan
pilihan software aplikasi yang luas.
Setiap
perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan.
Perangkat elektronik atau multimedia bisa saja mengganggu sistem keselamatan
dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk
standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford,
General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C
mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif
yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik
mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis
standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di
telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang
akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.
Standar-standar
akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik
yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan
pheriperal komputer pribadi.
SEJARAH
AMIC
The
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998
dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk
berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat
komputasi mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan,
kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil
menunda penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk
antarmuka multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia
Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di
belakang upaya standardisasi.
Depan
yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan
di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade
Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
1.
AMI-C 3023 Power Management Specification
2.
AMI-C 3013 Power Management Architecture
3.
AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
4.
AMI-C 3034 Power Management Test Documents
5.
AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
TUJUAN
Tujuan
dari proyek ini ialah sebagai berikut :
Menyediakan
interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan
berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan
hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka,
termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak
dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem
mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
Memotong
biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan
ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri
otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform
kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform
yang khas hanya sekitar 50.000 unit. Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi
untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
(+)
Kelebihan :
1.Meningkatkan
kenyamanan pengendara dalam melakukan perjalanan seperti penggunaan media,
komputer dan perangkat komunikasi.
2.Membantu
pengendara untuk menghindari kemacetan dan memudahkan pengendara untuk
menemukan lokasi tujuan dengan menggunakan sistem navigasi.
3.Meningkatkan
keamanan dari kendaraan dengan standarisasi airbag, pintu kunci.
4.Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
5.Meningkatkan
efisiensi dari kendaraan.
6.Meningkatkan
kualitas penyampaian informasi.
7.Layar
interaktif.
(-)
Kekurangan :
1.Kendala
bagi orang yang kurang memahami akan fungsi dari multimedia yang tertanam.
2.Biaya
yang mahal untuk melakukan penambahan multimedia.
3.Sulit
untuk melakukan proses ketika ada sensor elektronik yang rusak.
4.Design
yang standar bahkan buruk dapat menyebabkan kebingungan dan kebosanan, bahkan
ketika sensor rusak.
5.Terlalu
banyaknya multimedia dapat menyebabkan pengendara tidak focus dan dapat
menyebabkan kecelakaan.
SARAN
Penggunaan
multimedia pada kendaraan memang sangat memanjakan pengendara dalam melakukan
perjalanan, sangat memudahkan dalam melakukan pencarian lokasi sehingga dapat
meningkatkan efisiensi bahan bakar, memudahkan dalam melakukan komunikasi,
namun berbanding terbalik ketika pengendara kurang memahami fungsi dari
multimedia tersebut, menyebabkan kebingungan ketika seorang pengendara tidak
dapat mematikan sensor, dan dapat menyebabkan kecelakaan jika sensor tidak
dapat berjalan dengan baik dan terlalu banyaknya multimedia yang dapat
menyebabkan pengendara tidak focus dalam berkendara, dan biaya yang dikeluarkan
akan cukup mahal ketika sebuah kendaraan sudah dilengkapi dengan multimedia
yang lengkap. Semua ini tergantung dari manusianya itu sendiri, dapat
memanfaatkan fasilitas dengan baik atau memanfaatkan fasilitas terlalu
berlebihan sehingga menimbulkan hal yang buruk.
Sumber
:
http://dhietcorner.blogspot.com/2013/11/automotive-multimedia-interface.html
http://dwiasihrahaayu.blogspot.com/2013/11/kelebihan-dan-kekurangan-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar