Jumat, 04 Mei 2012

IBD BAB IX


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Setiap hal kita lakukan, pasti akan menyebabkan suatu akibat. Dan dari hal tersebut, akibat yang dihasilkan dapat dikatakan sebagai tanggung jawab. Jadi, tanggung jawab adalah kesadaran dari hasil perbuatan yang telah dilakukan. Setiap manusia sudah pasti mempunyai tanggung jawab atas dirinya sendiri, bahkan terhadap orang lain.

Macam-macam tanggung jawab :
1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri,
disini manusia bertanggung jawab atas takdirnya sendiri. Segala usaha yang telah ia lakukan adalah murni tanggung jawabnya.
2. Tanggung jawab terhadap keluarga,
manusia tidak terlepas utang jasanya terhadap keluarga yang telah membesarkannya. Dan sebagai tanggung jawab dan balasan atas budi baik orang tua, sudah sewajarnya bila seorang anak berbakti terhadap kedua orang tuanya. Dengan membalas kebaikan, merawat dan memberikan perhatian, kasih sayang yang sudah pasti tidak dapat dibalas dengan apapun.
3. Tanggung jawab terhadap masyarakat sekitar,
seseorang tidak akan lepas dari lingkungan luar, dalam hal ini masyarakat sekitar. Sebagai manusia yang hidup dalam masyarakat, sudah menjadi warga yang bertanggung jawab atas keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitarnya.
4. Tanggung jawab terhadap bangsa/ negara,
sebagai warga negara yang baik, sudah sewajarnya kita mematuhi peraturan yang berlaku, membayar pajak dan turut serta dalam pembangunan negara tercinta ini.
5. Dan yang terakhir adalah tanggung jawab manusia terhadap Tuhan YME,
dimana sebagai umatnya, kita wajib menjalankan ajaran/ perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya. Segala perbuatan yang kita lakukan pasti kelak akan dimintai pertanggung jawabannya.

Berbicara mengenai tanggung jawab, pasti akan berhubungan dengan yang namanya pengabdian dan pengorbanan. Contoh sebagai mahluk ciptaan Tuhan, kita harus mengabdi kepada-Nya menjalankan segala perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Untuk hal tersebut beberapa diantaranya membutuhkan pengorbanan, ketika tiba waktu untuk bersembahyang kepada-Nya, kita mengorbankan sedikit waktu untuk-Nya. Pengabdian dapat disimpulkan lebih ke arah perbuatan, sedangkan pengorbanan tentang suatu hal yang dikorbankan, baik materi, waktu dsb. Jadi, manusia yang penuh kesadaran akan semua tanggung jawab yang ia pikul pasti akan menemukan kebaikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar