Jumat, 04 Mei 2012

IBD BAB VI

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan berasal dari kata derita, berarti tentang hal/beban yang harus ditanggung. Dalam  arti luas, derita dapat diartikan sebagai rasa sakit, secara fisik maupun batin (rohani). Sebagai contoh, seorang yang merasa bersalah dalam waktu yang lama, bisa dikatakan sedang mengalami siksaan batin yang luar biasa. Dan ketika hal tersebut tidak dapat ditahan lagi, dapat menimbulkan kekalutan mental, dimana seseorang sudah tidak dapat lagi mengendalikan dirinya. Seseorang menderita separah itu, harus bisa berjuang untuk melawan batinnya. Terkadang, perjuangan itu tidak semudah yang diperkirakan, bahkan butuh waktu untuk bisa melewati penderitaan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, media masa berkembang dengan pesat dan berperan menyampaikan informasi. Seseorang yang menerima informasi positif dapat terhindar dari penderitaan, sedangkan sebaliknya jika informasi yang diterimanya negatif.

Beberapa seniman mempunyai rasa yang peka terhadap kehidupan bangsa, mereka dapat mengapresiasikannya dalam bentuk karya, bahkan beberapa di antara karya bercerita tentang penderitaan masyarakat bangsa ini.

Penderitaan dapat disebabkan dari:
Tentang rasa ketidakpuasan (tidak dapat mensyukuri), kemudian suatu hal yang harus ditanggung (baik kesalahan sendiri maupun bersama) dll.

Pengaruh penderitaan ada 2, yaitu :
·Secara positif
·Secara negatif


Seseorang yang menanggapi penderitaan secara negatif, dapat dipastikan dalam hidupnya tidak dapat mensyukuri suatu hal yang telah diberikan, maupun menyadari kesalahannya, jika terjadi terus menerus penderitaan tidak cepat berakhir. Dan jika ditanggapi dengan cara yang berbeda, dimana seseorang dapat berpikir dengan positif, bijaksana, dapat mensyukuri yang ada, atau menyadari kesalahannya dapat dipastikan dalam hidupnya pasti akan banyak perbaikan dan terbebas dari penderitaan. Jadi, berpikir positiflah dan terus berjalan sesuai dengan petunjuk-Nya. Semoga kita terbebas dari penderitaan, semoga semua mahluk hidup berbahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar