Jumat, 04 Mei 2012

IBD BAB X


MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Sebagian besar dari manusia, bahkan hampir semuanya mengalami kegelisahan. Kegelisahan adalah rasa yang tidak nyaman akan keadaan dirinya, terhadap orang lain pada saat ini, maupun nanti. Bahkan kegelisahan juga dapat ditimbulkan dari masa lalu, dimana seseorang menyadari akan kesalahan di masa lalunya dan belum bisa melepaskannya.

Penyebab gelisah dapat dikelompokan menjadi 2, yaitu:
1. Rasa gelisah yang disebabkan diri sendiri, contohnya :
· Dalam hal ini, seseorang yang merasa gelisah bisa disebabkan atas kesalahan di masa lalu.
· Seseorang yang resah akan masa depannya.
2. Rasa gelisah yang disebabkan orang lain, contohnya :
· Seorang ayah yang gelisah ketika keluarganya membutuhkan uang dan ia belum mendapatkan gaji. · Tentang suatu hal yang sudah seharusnya ia dapatkan (hak).
Usaha yang perlu dilakukan untuk mengatasi bahkan menghilangkan kegelisahan adalah dengan menyadari segala perbuatan dan akibat yang telah dilakukannya. Semuanya harus diterima dengan hati yang lapang. Berdoa kepada Tuhan YME agar diberikan jalan yang terbaik.

Beberapa kegelisahan, di antaranya berkaitan dengan keterasingan seperti seorang pegawai yang berasal dari Sumatera dan bekerja di daerah Jawa, perbedaan bahasa yang mencolok dapat menghambat komunikasi dan menyebabkan keterasingan bagi seseorang minoritas di antara kaum mayoritas.


Ketika seseorang sudah merasa terasing, pasti akan mengalami kesepian dimana tidak ada teman yang bisa diajak untuk bercerita. Sedangkan manusia butuh akan teman. Rasa kesepian tersebut bisa membuat seseorang dalam ketidakpastian, rasa yang berlarut-larut tersebut sangatlah tidak baik. Untuk mengatasinya adalah dengan berusaha memahami adat kebiasaan daerah yang menjadi tujuan hidup. Karena seperti pepatah bilang, dimana langit dijunjung disana bumi dipijak. Tetap berusaha dan terus berdoa kepada Tuhan YME agar diberikan jalan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar