Jumat, 04 Mei 2012

IBD BAB IV

 MANUSIA DAN CINTA KASIH
CINTA KASIH…jika kita mendengar kata tersebut, mungkin yang terpikirkan adalah perasaan menggebu tentang lawan jenis yang begitu menarik perhatian (perasaan khusus yang kita berikan kepada seseorang) atau tentang keluarga yang sangat merindukan dan membuat nyaman diri kita.
Tuhan memberikan cinta hanya kepada manusia, karena hanya manusia yang dapat mengimbanginya dengan akal dan nafsu. Cinta tidak datang kepada hewan dan tumbuhan, karena mereka hanya memiliki nafsu dan tidak mempunyai hati nurani, layaknya cinta seorang manusia.
Ketika rasa itu tiba, berbagai rasa positif berkembang dengan pesat. Rasa yang sangat menyenangkan, saat-saat indah ketika bisa berjumpa dengannya. Melihatnya tersenyum, tertawa dan bahagia adalah kenyamanan tersendiri bagi seseorang sedang jatuh hati. Dan akan datang kerinduan yang mendalam, ketika terpisahkan oleh ruang dan waktu.
Jalan cinta, datang secara tiba-tiba dan memiliki banyak arah. Ketika ketulusan hati dan keseriusan akan membuatmu nyaman.

CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
1. Cinta kepada Tuhan YME, dalam hal ini, kita sebagai mahluk ciptaan-Nya harus taat terhadap semua perintah dan larangan-laranganNya.
2. Cinta kepada sesama, kita sebagai manusia harus saling mencintai dan mengasihi agar tercipta kedamaian, keselarasan dan keharmonisan dalam menjalani kehidupan ini.
3. Cinta kepada semua mahluk hidup, dapat diartikan cinta secara universal (tak terbatas).

KASIH SAYANG
adalah rasa cinta dan sayang yang diberikan terhadap seseorang. Seperti halnya kasih sayang orang tua terhadap anaknya. Dalam hubungan percintaan dua manusia, kasih sayang sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan hubungan tersebut. Dan ketika percintaan anak manusia menggapai pelaminan, pernikahan suci lah yang sangat diimpikan oleh semua pasangan di dunia ini.

KEMESRAAN
adalah hubungan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang telah mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Kemesraan dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan bakatnya.

PEMUJAAN
Pemujaan terhadap Tuhan terdiri dari berbagai macam cara sesuai dengan agamanya. Namun pemujaan juga bisa terjadi antara lawan jenis. Rasa kagum terhadap pasangan kita sehingga kita selalu membangga–banggakannya, memujinya, mengutamakannya, dan membelanya. Hal ini sering terjadi khususnya pemujaan terhadap lawan jenis.

BELAS KASIHAN
adalah kebajikan di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian.

CINTA KASIH EROTIS
Erotis adalah satu dari sekian banyak jenis cinta kasih. Cinta kasih erotis adalah cinta kepada lawan jenis. Hal ini lebih cenderung kearah jatuh cinta dan kemesraan.  Dengan adanya rasa jatuh cinta akan menuju pada cinta kasih erotis. Cinta kasih erotis ini tidak dapat disamakan dengan jenis cinta kasih lain, sebab dalam hal ini terdapat suatu ekslusifitas. Cinta kasih erotis ini tidak hanya dimiliki oleh kaum muda tapi juga sepasang suami istri.

Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih, mempunyai satu pendirian, yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya, dan menerima pribadi orang lain. Mencintai dan mengasihi seseorang bukan hanya merupakan perasaan yang kuat. Melainkan merupakan suatu putusan, suatu penilaian, suatu perjanjian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar